Minggu, 19 Juni 2011

makalah geografi kelas 7 semester 2 " Atmosfer dan Hidrosfer serta pengaruhnya terhadap kehidupan"

A. Atmosfer dan gejala-gejala yang terjadi di dalamnya
     Atmosfer adalah lapisan udara yang menyelubungi bola bumi dan terdiri dari bermacam-macam gas. Udara     yang mengelilingi bola bumi tersebut terdiri dari bermacam-macam lapisan dan memiliki ciri-ciri tersendiri.
     1.   Lapisan Atmosfer
          * Lapisan Troposfer
          Troposfer merupakan lapisan paling bawah. Di daerah kutub ketinggiannya mencapai 8 km, sedangkan di daerah khatulistia ketinggiannya mencapai 18 km. Di dalam lapisan troposfer ini terjadi awan, hujan, perubahan suhu udara, atau proses-proses yang menentukan cuaca.
          *Lapisan Stratosfer
          Stratosfer adalah lapisan yang berada di atas troposfer, dengan ketinggian antara 12-55 km dari permukaan bumi. Pada bagian atas stratosfer terdapat lapisan ozon yang merupakan pelindung bagi makhluk hidup di muka bumi dari radiasi sinar ultra violet matahari.
          *Lapisan Mesosfer
          Mesosfer berada diatas stratosfer, dengan ketinggian antara 50-80 km.P ada lapisan ini, suhu udara mula-mula tinggi kemudian menurun dengan bertambahnya ketinggian. suhu bagian atas atau puncak mesosfer mencapai -90 derjat celcius.
          *Lapisan Termosfer
          Termosfer berada diatas mesosfer, dengan ketinggian antara 80-800 km. Pada lapisan ini, suhu semakin tinggi dengan bertambahnya ketinggian. Lapisan bagian bawah dari termosfer ini disebut ionosfer dan sangat berperan dalam penyebaran gelombang radio.
          *Lapisan Eksosfer
          Eksosfer berada pada ketinggian 1000 km dan merupakan lapisan paling luar dari atmosfer. Lapisan ini dapat menghancurkan benda-benda angkasa luar yang melewatinya.

     2.   Cuaca dan Iklim
           *Pengertian cuaca dan iklim
           Keadaan atmosfer pada waktu yang tidak lama dan meliputi wilaya yang sempit disebut cuaca, sedangkan rata-rata keadaan cuaca pada periode waktu yang lama dan meliputi wilayah yang luas disebut iklim. Kedua gejala alam ini, yang khusus, yaitu Meteorologi dan Klimatologi.
           *Unsur-unsur pembentuk cuaca dan iklim beserta alat pengukurnya
           -Temperatur(suhu) udara, yaitu panas dinginnya udara yang dinyatakan dengan derajat (skala celcius,  fahrenheit, dan reamur). Alat pengukur suhu disebut termometer.
           -Kelembapan udara, yaitu banyaknya uap air (moisture) yang dikandung oleh udara atau atmosfer. Alat pengukur kelembapan udara disebut  higrometer.
           -Curah Hujan, yaitu jumlah air yang turun sebagai hujan di daerah tertentu dalam kurun waktu tertentu.
Alat pengukur vurah hujan disebut  fluviometer, dan rain gauge.    
 




Tidak ada komentar:

Poskan Komentar